Recent Posts

Sabtu, 29 Maret 2014

0 komentar

RISET PEMASARAN ( MARKETING RESEARCH )

Kindly Bookmark and Share it:

APAKAH RISET PEMASARAN (MARKETING RESEARCH) ITU ?

Menurut Malhotra Riset Pemasaran Adalah Suatu Proses  Identifikasi Masalah, Pengumpulan Data Informasi, Analisis dan Penyajian Informasi Secara Sistematis dan Obyektif Yang akan digunakan  managemen dlm mengambil keputusan Serta Memecahkan permasalahan yg berhubungan dgn Pemasaran sedang menurut Marketing Association (McDaniel, 2001) riset pemasaran secara formal didefinisi sebagai fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar (Marketer) melalui informasi-informasi Yang digunakan untuk melakukan identifikasi Sertan mendefinisikan  peluang dan masalah pemasaran; serta menghasilkan, menyempurnakan dan mengevaluasi upaya serta memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses. Riset pemasaran menspesifikasi informasi yang dibutuhkan dalam memecahakan permasalahan; mendesain metode pengumpulan informasi (Data); mengelola dan mengimplementasi proses pengumpulan data; menganalisis hasilnya; dan mengkomunikasikan temuan-temuan dan implikasinya. Secara lebih ringkas, riset pemasaran adalah suatu proses perencanaan, pengumpulan, dan analisis data yang relevan dengan pengambilan keputusan pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis tersebut kepada manajemen..


INFORMASI TENTANG JASA RISET PASAR / SOSIAL HUBUNGI 0 8 2 2 2 0 4 3 6 2 1 0

Riset Pasar dan Riset Pemasaran
  • Riset Pemasaran Memiliki Pengertian atau Scope yang Lebih Luas dari Riset Pasar atau dengan kata lain Riset Pasar adalah Bagian dari Riset Pemasaran

Mengapa Anda Memerlukan Riset Pemasaran ?
  • Mengindentifikasi Peluang Produk / Layanan Baru serta Permasalahan Perusahaan.
  • Risk Management , Mengindentifikasi Adanya Acaman Terhadap Usaha / Perusahaan Anda.
  • Mengetahui Apa Yang Diharapkan Oleh Konsumen atau Tingkat Kepuasan Konsumen ,Citra Perusahaan, Merek, Evaluasi Iklan DLL.
  • Mengetahui Posisi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman (SWOT) Perusahaan anda dengan Kompetitor. Sehingga Dapat digunakan sebagai dasar dalam membuat Perencanaan Strategis Bisnis Anda.
  • Segmentasi Pasar Serta sbg dasar atau Alat Bantu Informasi didalam Merancang Strategi Pemasaran dan Perencanaan Perusahaan serta meningkatkan Kualitas dari Pengambil Keputusan.
  • Untuk Mengetahui setiap Perubahan dalam Lingkungan Pemasaran
  • Membantu Dalam Memecahkan Permasalahan Yang Sedang dihadapi Perusahaan Khususnya dalam Bidang Pemasaran seperti Penurunan tingkat penjualan, Pertumbuhan Penjualan yg Jauh dari Harapan.
Dari Mana Data - Data dan Informasi Hasil Riset Ini Dapat Anda Peroleh ?
  • Data2 atau Informasi Riset Bisa anda peroleh dari data Primer (Baik Data Kualitatif atau Data kuantitatif) yaitu data yg diperoleh secara Langsung di Lapangan, melalui experimen,Interview  atau observasi, Baik Dilakukan Sendiri Atau Menyerahkan Proses Penelitian ke Pihak Agency (Outsource) atau Perusahaan Yang Memang Secara Professional dan Memiliki Tenaga Tenaga Terlatih dalam Mengumpulkan Data yg Secara Khusus Menangani Research Field Management, Serta Tenaga2 Ahli dan Berpengalaman Baik dalam Mengindentiikasikan Masalah, Melakukan Design Riset ,Menentukan Metode Riset, Menganalisa Secara mendalam serta Menyajikan Hasil penelitiannya kepada Klien Serta Memiliki Data Based atas Data2 Tsb yang tidak diragukan lagi Realibiltas serta Validitas nya. Serta mendapat Pengakuan atau Stadartisasi dari lembaga Penilai Baik Dalam Negri maupun Internasional Seperti ISO 9001 ,ESOMAR Dll.
  • Data Sekunder, yaitu data-data yang sudah tersedia yg Telah dikumpulkan dan diolah oleh Peneliti ( Researcher ), atau dapat juga diserahkan /Membeli kepada Agency /Perusahaan Riset Professional. Juga dapat diperoleh dari Sumber2 lain yg sudah ada seperti Perpustakaan, Situs, Perusahaan2,Biro Pusat Statistik,Kantor2 Pemerintah DLL dan Biasanya  digunakan sebagai Pendukung Data Primer.
Klasifikasi Riset Pemasaran :
  • Riset Identifikasi Masalah, Mengindentifikasikan Permasalahan yg belum ada atau Muncul kepermukaan tapi akan terjadi dimasa depan. Seperti : Riset Karakteristik Pasar, analisa Penjualan, Trend Bisnis DLL.
  • Riset Pemecahan Masalah, digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan dalam pemecahan masalah pemasaran, yg mana meliputi Riset segmentasi, Riset Produk, Riset Penetapan Harga, Riset Promosi dan distribusi. .
Obyek Penelitian Pemasaran, Umumnya adalah : 
  • PenelitianPerilaku Konsumen (Consumer Behaviour Research)
  • Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Research)
  • Customer Service Research.
  • Product Testing 
  • Segmentasi Pasar (Product Segmentasi)
  • Analisa Saluran Distribusi (Distribution Channel Analysis).
  • Corporate Image Serta Brand Image Research.
Secara Umum Tekhnik atau Metode yang Sering Digunakan didalam Penelitian Pasar adalah sbb ;
  • INTERVIEW , yaitu Teknik yg melibatkan secara langsung Interviewer yg sudah terlatih dengan Target Responden yg bersifat langsung atau melalui Media Kertas maupun Electronic. Seperti : PAPI (Paper And Pencil Interview), IDI (Individual In-Dept Interview), CATI (Computer-Assisted Telephone Interviewing), CAWI (Computer-Assisted Web Interviewing), CAPI (Computer-Assisted Personal Interviewing) DLL.
  • FOCUS GROUP DISCUSSION atau Lebih dikenal dengan FGD , adalah suatu tehnik Sampling dengan cara Merekrut atau mengundang Responden yang memenuhi kriteria Sampling dan biasanya tidak saling mengenal umumnya terdiri dari 6 - 10 Orang ,untuk mengumpulkan tentang wawasan, pendapat dan masukan tentang Produk, layanan atau Konsep.Yang dipandu Oleh Moderator yang sudah terlatih dan Berpengalaman.
  • CENTRAL LOCATION TEST atau Lebih dikenal CLT adalah Metode Survei secara Face to Face, dimana Responden diundang ke Suatu Tempat Yang Nyaman.Yang Biasanya Penelitian Tentang Concept Test, Product Tests, Sensory Research, Advertising atau Copy Test dan Packaging Test.Kelebihan dari CLT adalah Untuk Memastikan Keamanan Yang Ketat serta menjaga kerahasian Ide atau Konsep yg tidak ditemui dalam Teknik Survei Lainnya.
  • OBSERVASI, dalam Observasi ada dua macam Teknik Survey yang Popular yaitu Mystery Shopping dan Mystery Caller

Salam,
 INFORMASI LEBIH LANJUT
SILAHKAN HUBUNGI 

0 8 2 2 2 0 4 3 6 2 1 0

Atau Kontak Kami 

 (Baca Juga Kontra Bank Garansi , Surety Bond, Advance Payment Bond, Performance Bond , Bid Bond, )


 Klik Disini

Posted by: Suryo Aja
SURETY BOND, Updated at: 03.05
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Translate

Finance blog
Photobucket
Description: Rating: 5.0 Reviewer: ItemReviewed:
Top Business blogs
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Backlink checker to suretybond-bg.blogspot.com
Social BookMarking Link Generator

Blog Top Sites

Text Back Links ExchangesText Backlink ExchangesPulsimo

Followerd

Copyright © 2011 Design by Suryo Sasono